Friday, August 25, 2023

Mengusahakan DAN Berdoa (6)

 (sambungan)

Firman Tuhan sudah berkata bahwa "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya." (Efesus 2:10). Perhatikan bahwa segala yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan baik sudah dilengkapi oleh Allah lewat Kristus buat kita dan tentu saja itu  termasuk dalam mengusahakan kesejahteraan dan keselamatan bangsa.

Dan Tuhan mengatakan bahwa Dia mau kita hidup di dalamnya. Kemampuan, kesanggupan, kekuatan dan bekal-bekal lainnya sudah Dia persiapkan. Tinggal kesediaan, kesadaran dan kesungguhan kita saja yang dibutuhkan. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi kita untuk mengelak dari kewajiban ini. Jalani sesuai panggilan masing-masing. Perbuatan kecil atau besar bukan masalah, selama semuanya dilakukan demi kemuliaan Tuhan dan bukan atas motivasi-motivasi lain. It's time for us to do something real, work on it like we really, really mean it. Mau bangsa ini sejahtera? Kalau mau, usahakan. Apa yang bisa kita lakukan? Apa peran nyata yang positif yang bisa kita lakukan hari ini juga tanpa harus menunggu lama? Kalau sudah ketemu, segera usahakan, usahakan dan usahakan.

2. Berdoa syafaat bagi kota, bangsa dan negara

Setelah 'mengusahakan kesejahteraan kota', selanjutnya ayat Yeremia 29:7 mengatakan "...dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN...". Doa syafaat untuk bangsa dan negara merupakan keharusan bagi setiap orang percaya. Sayangnya sedikit yang menyadari pentingnya hal ini dan lebih cenderung mengarahkan doa hanya dengan berpusat kepada keinginan-keinginan untuk keperluan diri sendiri saja.

Mengacu kepada ayat dalam Yeremia ini, mengusahakan kesejahteraan kota dan berdoa bagi kota (dan bangsa) merupakan kesatuan yang tidak boleh dipisahkan dan keduanya sama pentingnya.

(bersambung)

No comments:

Kerjasama Tim (7)

 (sambungan) 1. Kesombongan tidak akan pernah membawa manfaat apa-apa selain kerugian pada diri sendiri. Firman Tuhan berkata: "Kecongk...