Sunday, August 6, 2023

The Manual (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Roma 15:4
===================
"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."


Smart phone apa yang anda pakai hari ini? Apakah anda sudah mengetahui seluruh fungsi dan fiturnya? Dari beberapa survey yang ada kita bisa melihat bahwa mayoritas hanya mempergunakan  fitur smartphonenya sesuai kebutuhan standar saja  yang bahkan tidak sampai setengah dari kemampuan perangkatnya. Kebanyakan pengguna hanya memakai untuk chat, telepon, aplikasi-aplikasi sesuai kebutuhan pemakainya, kamera, browsing dan email. Game juga sepertinya jadi kebutuhan, demikian untuk mendengar lagu. Sisanya jarang diakses.

Bagi yang mempergunakan iPhone banyak juga yang memanfaatkan Assistive Touch di iPhone agar tombol jangan jadi cepat rusak akibat kebanyakan dipencet. Si 'asisten pribadi' Siri sangat membantu pada saat saya mengemudi atau sudah terlalu malas untuk mengetik, memasang alarm dan sebagainya. Tampaknya sudah banyak, tapi masih ada sangat banyak fitur atau kemampuan dari gadget kita ini yang belum pernah difungsikan, atau malah yang belum saya ketahui.

Apakah kita sudah paham bagaimana cara merawat baterai supaya awet? Apakah kita sudah tahu bahwa berbagai gambar atau chat history turut menghabiskan jatah storage space? Bagaimana cara membersihkan catche atau cookies yang seringkali membuat gadget kita lemot atau berat? Semua ini sangat penting agar gadget bisa berfungsi maksimal. Dan untuk itu kita tentu butuh manual atau panduan, baik dari buku manual yang kita peroleh pada saat membelinya atau mencari infonya di internet.

Semakin rumit pengoperasian sebuah alat, semakin besar pula kebutuhan kita akan buku manual. Semakin penting dan berharganya, kita juga semakin butuh panduan. Apalagi kalau itu menyangkut sesuatu yang penting bagi hidup kita.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker