Friday, August 18, 2023

Time Management (7)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)


Ada banyak faktor yang bisa berperan terhadap manajemen waktu ini seperti salah satunya sikap mental kita dalam menyikapi pentingnya mengatur waktu dengan baik. Mentalitas yang buruk akan selalu mencari ribuan bahkan jutaan alasan untuk tidak memanfaatkan waktu dengan maksimal. Tetapi jika kita berkomitmen untuk mau melakukannya, minimal mulai memikirkannya, maka tidak ada satu alasan pun yang bisa menghentikan kita. Sikap mental yang suka menunda-nunda pekerjaan pun merupakan salah satu hambatan yang harus dikikis sedini mungkin. Betapa seringnya kebiasaan seperti ini bukannya baik tapi hanya akan merepotkan kita, membuat kita kelabakan pada akhirnya. Waktu berlalu dengan kecepatan yang sama, jumlah yang diberikan pun sama bagi setiap orang dari dulu hingga kini sampai nanti.

Daripada sibuk meminta waktu lebih lagi, daripada berkeluh kesah bahwa waktu yang tersedia terlalu sedikit, kita bisa membalik pertanyaan kepada diri kita dengan "bagaimana saya bisa mempergunakan waktu secara maksimal dengan perencanaan yang baik dan seimbang." Firman Tuhan berkata: "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23). Apapun juga yang kamu perbuat, itu artinya berlaku secara luas, bukan hanya sebatas pekerjaan saja, tetapi meluangkan waktu bersama keluarga, saudara dan kerabat, berolah raga, beristirahat dan tentu saja melayani, itu pun aktivitas-aktivitas yang seharusnya kita isi dengan sebaik-baik yang kita mampu, sebaik seperti kita melakukannya untuk Tuhan.

Kuncinya adalah manajemen waktu, Kita harus memperhatikan betapa kita harus pintar menyusun perencanaan atau jadwal sehari-hari agar seluruh pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan seimbang sesuai dengan jatah waktu yang berlaku sama bagi setiap manusia sepanjang masa. Melakukan pekerjaan dengan baik, meluangkan waktu bersama keluarga bukan cuma kualitas tapi kuantitas, memenuhi panggilan sebagai murid Kristus seperti yang diperintahkan dalam Amanat Agung. Semua itu akan sulit berhasil kalau kita tidak pintar-pintar memanajemen waktu.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker