Friday, May 3, 2024

Alergi (2)

 (sambungan)

Tidak ada satupun orang yang mau menderita alergi. Kalaupun harus ada alergi terhadap sesuatu, tidak ada pula orang yang mau mengalami masalah atas alergi yang mereka punya. Kalau tidak mau menderita, tentu kita harus tahu apa yang bisa membuat kita alergi lalu menghindarinya agar kita tidak mengalami masalah baik yang mengganggu, membuat kita menderita atau bahkan bisa sampai mendatangkan bahaya.

Kalau ditanya, rasanya semua orang ingin kudus. Tapi dalam perjalanan kita di dunia sehari-hari, ada banyak hal yang merintangi kita untuk bisa menjadi kudus. Itu sama saja dengan alergi yang diderita banyak orang. Sekali lagi, tidak ada orang yang ingin kena alergi, tapi orang bisa alergi terhadap macam-macam hal yang berbeda. Dan agar penderita alergi tidak harus mengalami masalah, mereka tentu harus mengetahui sumber atau penyebabnya, lantas menghindarinya.  

Dalam kitab Imamat ada sebuah ayat yang berkata: "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus." (Imamat 19:2).

Yang menjadi pokok dari kitab Imamat adalah kesucian Tuhan dan bagaimana manusia seharusnya hidup dan beribadah agar hubungan baik dengan Tuhan tidak terganggu.

Ayat dalam Imamat 19:2 yang saya ambil sebagai ayat bacaan renungan kali ini kembali dikutip dalam 1 Petrus 1:16, "sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus."

(bersambung)

No comments:

Bandel atau Taat? (2)

 (sambungan) Okelah kalau anak-anak terkadang masih sulit diatur, diperingatkan atau ditegur. Yang tidak oke adalah kalau orang yang sudah d...