Friday, May 24, 2024

Animal Lovers (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Kejadian 1:28
======================
"Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."


Ada seorang teman saya yang menyadari bahwa panggilannya adalah mengurus hewan terlantar di jalanan, terutama anjing dan kucing. Ia bercerita bahwa pada suatu hari nanti ia berharap bisa punya animal shelter agar hewan-hewan ini bisa mendapat perlindungan, keamanan dan kecukupan yang layak.

Hanya saya ia merasa kecewa pada gereja di tempatnya bernaung. Kenapa? Ia bercerita bahwa beberapa waktu lalu ia sempat menawarkan pada gerejanya agar ada bidang pelayanan divisi pecinta hewan yang tujuannya mengakomodir panggilan jemaat yang sama dengannya untuk mempedulikan hewan-hewan terlantar di jalanan. Tapi usulnya ditolak. "Manusia saja belum tertangani, kok malah mikirin ngurusin hewan segala." begitu jawaban yang ia terima.  "Mungkin hewan tidak bisa memberi persembahan, jadi mereka anggap tidak penting," katanya sambil tersenyum kecut.

Saya mengingatkan teman saya bahwa melayani itu tidak selalu harus berbasis gereja. Ia tetap bisa menjalankan panggilannya meski secara independen. Kenapa harus lewat gereja? Kalau kata teman saya, siapa tahu ada jemaat yang punya panggilan sama jadi bisa melakukan bersama-sama. Tapi bukankah Tuhan bisa membawanya berjumpa dengan orang-orang lain untuk melakukan itu meski bukan merupakan program gereja?

Bagi saya, mau sendirian atau bersama orang lain, yang terpenting adalah menjalankan panggilan dengan segera dan  sungguh-sungguh. Mau panggilan atau pekerjaan, itu bisa dimulai dari kecil, bahkan dari nol. Start small, dream big. Itu prinsip saya sejak dulu dalam melakukan apapun.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker