Sunday, May 26, 2024

Animal Lovers (3)

(sambungan)

Kembali pada soal panggilan. Apakah panggilan itu cuma terbatas untuk mengurusi manusia saja? Apakah salah jika ada orang yang merasa panggilannya sangat kuat terhadap hewan? Apakah panggilan hanya mengenai anak terlantar, tuna wisma, orang lanjut usia, atau yang berhubungan dengan berbagai bidang pekerjaan, termasuk panggilan bermusik? Kalau begitu, bagaimana dengan hewan dan tumbuhan?

Saya sulit membayangkan kalau saja Tuhan tidak menciptakan hewan, dalam hal ini terutama  hewan peliharaan yang bisa sangat menghibur kita dengan bahasa kasih mereka yang polos. Tatapan mata mereka memandang kita, goyangan ekornya yang menandakan mereka senang bersama kita, cara mereka berinteraksi saat ingin dimanja, tidur di pangkuan kita, semua itu kerap bisa menghibur dan menghilangkan perasaan seperti lelah, kesal atau mumet saat pulang ke rumah. Bagi pecinta hewan, hewan peliharaan mereka ini sudah seperti jadi anggota keluarga. Artinya, mereka sama pentingnya dengan anggota keluarga lainnya yang notabene adalah manusia.

Kalau hewan-hewan ini juga ciptaan Tuhan, bukankah Tuhan pun seharusnya peduli kepada mereka, dan bisa saja mengutus sebagian dari umatNya untuk peduli dan menyelamatkan mereka dari penderitaan dan bahaya yang bisa menimpa mereka di jalan?

Lantas, kalau tidak ada orang yang peduli terhadap penghijauan, kelestarian lingkungan, apa jadinya dunia ini sekian tahun ke depan? Bukankah itu juga jadi kepedulian Tuhan dan tentu saja butuh orang-orang yang peduli terhadap kelestarian dunia yang kita tempati saat ini?

Banyak orang yang salah kaprah bahwa panggilan hanyalah mengacu kepada manusia dan bukan yang lain. Apakah panggilan memang terbatas hanya untuk manusia saja? Apakah bidang pelayanan tidak boleh menyentuh hal di luar manusia seperti mempedulikan hewan dan tumbuhan?

(bersambung)

No comments:

Bandel atau Taat? (2)

 (sambungan) Okelah kalau anak-anak terkadang masih sulit diatur, diperingatkan atau ditegur. Yang tidak oke adalah kalau orang yang sudah d...