Thursday, May 30, 2024

Animal Lovers (7)

(sambungan)

 "Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." (Kejadian 1:28).

Menaklukkan dan berkuasa disini tentu bukan dimaksudkan bahwa kita bisa seenaknya mengeksploitasi isi bumi tanpa memikirkan kelangsungan hidup atau kelestariannya, tapi justru sebaliknya. Kepada kita disematkan sebuah tanggung jawab untuk mengurus dan melestarikan segala yang ada di muka bumi ini, termasuk pula di dalamnya berbagai spesies atau jenis hewan yang hidup di bumi. Kalau yang masih dalam jumlah banyak saja harus kita jaga, apalagi yang saat ini langka atau mendekati kepunahan.

Kenapa kita harus menjaga kelestarian mereka? Alasan yang paling mendasar adalah, sebab Tuhan telah menciptakan segalanya itu bukan sekedar baik saja, tetapi dikatakan "sungguh amat baik." "Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik." (ay 31).

Kalau Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan amat sangat baik, dan Dia sudah berpesan agar kita menaklukkan dan berkuasa, yang artinya memperhatikan betul kelestariannya, bagaimana kita bisa tega memperlakukan alam beserta tumbuhan dan hewan di dalamnya dengan buruk? Dan kalau begitu, bukankah Tuhan pun menginginkan kita untuk melakukan hal-hal yang baik bagi ciptaan-ciptaan Tuhan ini?

Kepedulian Tuhan yang mendalam terhadap hewan-hewan yang juga ciptaanNya ...

(bersambung)

No comments:

Bandel atau Taat? (2)

 (sambungan) Okelah kalau anak-anak terkadang masih sulit diatur, diperingatkan atau ditegur. Yang tidak oke adalah kalau orang yang sudah d...