Wednesday, May 15, 2024

Memetik Pelajaran dari Jemaat Efesus (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

"Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta." (Wahyu 2:2).

Mereka rela menderita dan tidak kenal lelah. (ay 3). Semua ini diketahui benar oleh Tuhan. Menjadi pengikut Kristus di kota seperti itu tentu beresiko tinggi. Tapi ternyata jemaat Efesus termasuk jemaat dengan mental kuat. Dan itu, tentu saja luar biasa.

Akan tetapi lihatlah ayat selanjutnya. Meski Tuhan tahu dan menghargai upaya mereka, Tuhan ternyata menegur mereka. Teguran atas apa? Firman Tuhan berkata: "Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula." (ay 4).

Perhatikan hal ini. Meski mereka giat dalam pelayanan, tetapi Tuhan mencela mereka karena mereka meninggalkan kasih mula-mula. Artinya mereka lebih memprioritaskan "pekerjaan Tuhan" daripada kerinduan untuk mengenal lebih jauh "pribadi Tuhan" dan mengasihiNya seperti semula.

Tanpa sadar, ternyata jemaat Efesus yang bermental baja dan kuat keimanannya ini lupa hakekat yang terutama yaitu membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Bukankah kita sering seperti itu? Kita merasa sudah sibuk dan berjerih lelah melayani, tapi kita lupa mengambil waktu untuk diam di hadirat Tuhan. Malah kesibukan melayani menjadikan kita merasa sudah terlalu lelah untuk bersaat teduh.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker