Tuesday, July 16, 2024

Bersih dan Murni (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Mazmur 24:4-5
=======================
"Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia."


Sejak puluhan tahun lalu di negara-negara maju di luar sana orang bisa langsung minum air dari keran. Sebelum milenium, saya sempat tinggal sekian bulan di salah satu negara bagian utara benua Eropa dan punya pengalaman lucu tentang hal ini. Pada saat itu saya tidak tahu bahwa air yang keluar dari keran mereka itu sudah layak minum. Karena saya tinggal di rumah warga, saya sibuk mencari teko untuk memasak air agar bisa minum.

Saat sang pemilik rumah melihat kesibukan saya hendak memasak air, ia pun tertawa terbahak-bahak. Orang tinggal langsung minum, ngapain repot-repot memasak air segala? Memangnya ini jaman kapan? Begitu kira-kira katanya sambil menertawakan saya.

Ya, pada masa itu di negara kita air masih harus dimasak sebelum bisa dikonsumsi. Sekarang pun sama, meski di  beberapa tempat fasilitas air yang bisa langsung diminum sudah tersedia.

Kalau berani minum langsung dari keran yang mengalir ke dalam rumah, hampir dipastikan kita bisa sakit perut. Yang menyebabkannya banyak. Selain kotoran-kotoran yang ada pada air, ada berbagai jenis mineral pula yang bisa menimbulkan masalah atau bahaya bagi kesehatan kita. Jadi kalau mau dingin, ya tetap saja air harus dimasak mendidih dulu, didinginkan baru kemudian dimasukkan ke kulkas.

Hari ini ada banyak sekali air minum dalam kemasan dengan berbagai merek. Banyak orang mengenalnya sebagai air mineral, yang baru muncul di Indonesia sekitar paruh pertama tahun 70an. Saya masih ingat waktu kecil dulu saya sempat heran melihat kenapa air putih bisa dijual sebegitu mahal sampai hampir dua kali lipat harga bensin. Saya belum mengerti soal kandungan dan kesehatan yang ditawarkan karena berpikir bahwa air putih cukup direbus saja  dan kemudian layak minum.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker