Friday, July 12, 2024

Doa Epafras (13)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Saling mendoakanlah, karena doa itu punya kuasa yang dahsyat, menjangkau teritori-teritori yang bahkan secara logika sepertinya tidak mungkin terjangkau.

Selanjutnya, siapa saja yang perlu didoakan? Yesus mengatakan bahwa daya jangkau doa bukan hanya kepada orang-orang terdekat kita apalagi hanya untuk diri kita saja, tapi seharusnya mampu mencapai orang-orang yang jahat kepada kita seperti yang dicatat dalam Matius 5:44.

Kalau terhadap orang yang jahat kepada kita, yang memusuhi atau bahkan menganiaya kita saja kita diwajibkan mengasihi dan mendoakan, apalagi orang-orang terdekat yang kita sayangi. Kita tentu tidak ingin mereka jauh dari sukacita, kasih sayang, penyertaan dan keselamatan dari Tuhan bukan? Jika demikian, kenapa kita tidak mulai mendoakan mereka secara khusus sejak sekarang? Saling mendoakan, itu hal yang wajib untuk kita lakukan. Jangan hanya mementingkan diri sendiri saja, jangan hanya ingin selamat sendiri saja tanpa mempedulikan orang lain. Itu bukanlah sikap dari anak-anak Tuhan yang rindu untuk menghidupi firman Tuhan secara nyata dan benar.

Hari ini mari renungkan. Apakah kita sudah dan bersedia bergumul dalam doa pula untuk meminta Tuhan menjaga, menjamah atau menolong orang-orang yang kita kasihi?

Epafras mungkin tidak pernah tahu seperti apa Tuhan mengabulkan doanya, tapi baginya itu bukan soal. Ia terus, selalu bergumul dan berpegang pada imannya untuk mendoakan jemaat di Kolose dan kota-kota lain dimana ia turut mendirikan gereja seperti Hierapolis dan Laodikia selama ia masih punya waktu untuk itu.

Kalau ia terus menerus melakukan hal itu dengan sungguh-sungguh meski kondisi yang ia alami jauh dari kondusif, itu artinya imannya sanggup meyakinkannya bahwa doa-doa yang ia panjatkan buat orang lain tidak akan pernah ada yang sia-sia.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker