Wednesday, July 3, 2024

Doa Epafras (4)

 (sambungan)

Dari apa yang terjadi pada gereja mula-mula lewat gaya dan cara hidup mereka seperti yang dicatat dalam Kisah Para Rasul 2:41-47, kita tentu ingin ketiga hal ini - banyak mukjizat dan tanda terjadi atas mereka, disukai semua orang termasuk orang yang belum percaya dan terus ditambahkan dengan orang-orang yang diselamatkan - terjadi dalam hidup kita.

Sayangnya, kehilangan kepercayaan akan kekuatan doa, kehilangan motivasi untuk tetap menjadikan doa sebagai gaya hidup kita dan berbagai kesibukan, godaan, agenda dan lain-lain akan membuat semua itu gagal terjadi dalam diri kita.

Kalau saat itu jemaat mula-mula sampai kagum bahkan gentar karena banyaknya tanda dan mukjizat di sekeliling mereka, kita yang kehilangan doa hanya akan terus menanti datangnya mukjizat atau tanda tapi tidak kunjung tiba. Bukannya disukai, tapi malah bikin lebih banyak lagi orang yang anti pati terhadap diri kita maupun Tuhan yang kita sembah. Lantas selanjutnya bukannya bertambah dengan jiwa baru yang selamat, tapi malah banyak yang kepahitan dan meninggalkan Tuhan.

Jangan sampai itu terjadi. Karenanya kita harus kembali kepada kehidupan doa seperti pada masa gereja awal, segera, sebelum erosi dalam kekistenan semakin luas mengikis orang-orang percaya.

Mari kita lanjutkan kepada hal berikutnya yang masih berhubungan dengan doa. Kita berdoa mengucap syukur dan menyampaikan permohonan-permohonan agar kiranya dikabulkan Tuhan. Kita minta Tuhan mau turun tangan dan mengangkat kita keluar dari masalah, kita mau Tuhan memberkati kita agar kita tidak kekurangan. Tapi bagaimana dengan mendoakan orang lain? Apakah itu penting?

Apakah doa untuk orang lain bisa membawa perubahan kepada mereka ke arah yang lebih baik?

Atau pertanyaan berikutnya: apakah kita sudah rajin mendoakan gereja dimana kita masing-masing bertumbuh dengan sepenuh hati, dengan sungguh-sungguh? 

(bersambung)

No comments:

Bandel atau Taat? (1)

 Ayat bacaan: Yohanes 1:12 ========================= "Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak A...