Monday, August 19, 2024

Kisah Rahab (1)

 Ayat bacaan: Yosua 2:9-13
==================
"Aku tahu, bahwa TUHAN telah memberikan negeri ini kepada kamu dan bahwa kengerian terhadap kamu telah menghinggapi kami dan segala penduduk negeri ini gemetar menghadapi kamu. Sebab kami mendengar, bahwa TUHAN telah mengeringkan air Laut Teberau di depan kamu, ketika kamu berjalan keluar dari Mesir, dan apa yang kamu lakukan kepada kedua raja orang Amori yang di seberang sungai Yordan itu, yakni kepada Sihon dan Og, yang telah kamu tumpas. Ketika kami mendengar itu, tawarlah hati kami dan jatuhlah semangat setiap orang menghadapi kamu, sebab TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah. Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya, bahwa kamu akan membiarkan hidup ayah dan ibuku, saudara-saudaraku yang laki-laki dan yang perempuan dan semua orang-orang mereka dan bahwa kamu akan menyelamatkan nyawa kami dari maut."


Apakah anda termasuk penggemar Marvel Universe? Saya rasa hampir semua generasi yang hidup di jaman sekarang suka pada film-film ini. Ada banyak superhero yang berasal dari komik keluaran Marvel. Semua punya kekuatannya sendiri, juga kelemahannya sendiri. Mereka bergabung dalam kelompok yang dinamakan The Avengers.

Kalau Marvel punya The Avengers, maka DC Comics punya Justice League, yang berisi gabungan dari superhero-superhero hasil ciptaan dari komik ini. Iron Man, Spiderman, Thor, Captain America, misalnya, itu dari Marvel, sementara Superman, Batman, Wonder Woman, itu dari DC Comics. Indonesia pun punya tokoh-tokoh superheronya sendiri seperti Gundala, Godam dan lain-lain.

Dan kita yang hidup di jaman sekarang sangat dimanjakan lewat film-film berbasiskan dua perusahaan besar komik superhero ini, karena special effect pada saat ini sudah sangat maju. Fantasi ditampilkan secara visual begitu canggih dan megah, seolah terlihat benar-benar nyata. Tokoh superhero dalam negeri pun mulai unjuk gigi di layar lebar. Siapa tahu, nanti kita bakal bisa menyaksikan para superhero dalam negeri ini bergabung menjadi satu seperti The Avengers atau Justice League. Saya yang waktu kecil mengikuti komik-komik superhero dalam negeri ini sangat menantikan hal tersebut.

Diluar para karakter fiktif dengan kemampuan superheronya, tentu saja kita juga punya pahlawan-pahlawan yang berjasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan. Mereka mengorbankan segalanya, termasuk nyawa mereka, agar kita, anak cucunya, bisa merasakan hidup di alam kemerdekaan, bebas dari belenggu penjajahan. Mereka bukanlah orang-orang dengan kemampuan super, melainkan manusia biasa. Dengan peralatan dan persenjataan apapun, bahkan bambu runcing mereka dengan gigih melawan dan mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Dan alangkah sangat baik apabila kita mengenang jasa-jasa mereka terlebih di saat kita merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia seperti sekarang.

(bersambung)

No comments:

Menjalankan Amanat Agung (6)

 (sambungan) Paulus tidak menutup diri dan tidak berhenti melayani. Ia membuka rumahnya seluas-luasnya bagi semua orang tanpa terkecuali, me...