Tuesday, August 20, 2024

Kisah Rahab (2)

 (sambungan)

Kalau komik-komik ini punya tokoh-tokoh supernya, Alkitab pun punya daftar pahlawan iman yang bersinar pada jamannya masing-masing dimana sinarnya masih terang benderang pula buat kita hari ini.

Coba perhatikan daftar para saksi iman dalam Ibrani 11:1-40 yang berisi nama-nama tokoh luar biasa yang sudah membuktikan kehebatan atau kebesaran iman mereka sehingga pantas dijadikan teladan sepanjang masa. Dan mereka ini bukanlah tokoh fiksi atau fiktif melainkan pernah hidup pada jamannya masing-masing dan masih menginspirasi hingga hari ini.

Dari nama-nama yang disebutkan dalam Ibrani 11:1-40 ini ada dua orang wanita, yaitu Sara dan Rahab. Hal yang unik, Rahab bukanlah wanita terhormat seperti Sara melainkan seorang pelacur. Bagaimana seorang dengan profesi bergelimang dosa seperti Rahab bisa masuk dalam daftar saksi atau pahlawan iman ini? Seperti apa imannya sampai ia bisa berada dalam satu daftar dengan tokoh-tokoh seperti Habel, Henokh, Nuh, Abraham dan istrinya Sara, Ishak, Yakub, Yusuf, Musa, Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel?

Itu dari surat Ibrani. Kalau dalam surat Yakobus,  Rahab adalah satu dari hanya dua nama yang disebutkan sebagai pahlawan iman. Satunya lagi adalah Abraham. Disandingkan dengan Abraham dalam surat Yakobus, itu tentu sangat istimewa. Jika anda ingin membaca tentang iman Rahab, anda bisa membacanya dalam Yakobus 2:25.  

Bagi saya, keberadaan Rahab dalam daftar ini sangat memperkuat kesan bahwa para saksi/pahlawan iman ini bukanlah manusia super atau superhero dengan kekuatan ajaib tapi mereka adalah manusia biasa sama seperti kita. Bedanya, mereka punya iman yang kuat yang sudah teruji di saat mereka menghadapi situasi sulit dalam masa hidupnya.

(bersambung)

No comments:

Menjalankan Amanat Agung (6)

 (sambungan) Paulus tidak menutup diri dan tidak berhenti melayani. Ia membuka rumahnya seluas-luasnya bagi semua orang tanpa terkecuali, me...