Sunday, October 13, 2024

Kerjasama Tim (3)

 (sambungan)

Tuhan mengatakan: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja." (Kejadian 2:18a).

Dalam bahasa Inggrisnya dikatakan: "It is not good (sufficient, satisfactory) that the man should be alone." Terjemahannya kira-kira seperti ini: Tidak baik, tidak cukup, tidak memuaskan alias tidak akan maksimal kalau manusia itu sendirian. Artinya Tuhan tidak pernah menginginkan manusia untuk berusaha, bekerja atau bahkan hidup sendirian saja, terkucil, tertutup dan terisolasi dari sekitarnya. Dan itu bermakna bahwa selama kita hidup, kita harus bisa memperluas jaringan kita agar kita bisa terus lebih maksimal lagi dalam melakukan segala sesuatu dalam hidup kita.

Bicara tentang kerjasama tim, teamwork dan network, mari kita lihat sebuah kisah yang selalu sangat menarik bagi saya di dalam Alkitab, yaitu dalam Markus 2:1-12.

Ada sebuah kisah heroik disana. Mari saya gambarkan seperti apa kejadiannya pada waktu itu.

Pada satu hari Yesus datang lagi ke Kapernaum, dan orang ramai berkerumun mendatangi Dia untuk bertemu. Saking banyaknya orang yang datang, rumah di mana Yesus berada kemudian menjadi penuh sesak hingga dikatakan tidak ada tempat kosong lagi. Disana pada saat itu, Yesus memberitakan firman kepada semua yang hadir.

(bersambung)

No comments:

Kerjasama Tim (5)

 (sambungan) Apa yang membuat mereka sampai bersusah payah seperti itu? Jelas, adalah iman yang membuat mereka mau terus berjuang untuk bisa...