Friday, October 18, 2024

Kerjasama Tim (8)

 (sambungan)

2.  Untuk mencapai suatu keberhasilan dibutuhkan kerjasama yang baik dengan orang lain.

It takes a good teamwork to succeed. Tidak ada orang yang bisa selalu kuat dan sanggup mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Bayangkan jika sebuah gereja hanya terdiri dari satu pendeta tanpa adanya pengerja yang lain. Tanpa diaken, tanpa pengerja, pemusik, tim pendoa dan sebagainya, apa jadinya gereja itu?

Atau, jika anda ingin mengadakan sebuah event, akankah anda bisa berharap eventnya sukses tanpa adanya panitia dan struktur kepanitiaan yang baik? Sanggupkah satu orang merangkap semuanya itu? Tentu saja tidak. Semakin detail, semakin baik. Semakin bagus susunan kepengurusannya maka akan semakin baik. Semakin padu kerjasama atau teamworknya, maka semakin baik juga.

Dalam pekerjaan dan sisi lain kehidupan pun sama. No man is an island, begitu kata pepatah. Kalaupun kita bisa melakukan sendirian, hasilnya tidak akan maksimal dan pencapaiannya kalaupun ada akan sangat lambat. Tanpa kerjasama dengan orang lain maka akan sulit bagi kita untuk mencapai sebuah keberhasilan.

(bersambung)

No comments:

Rekan Setim Tuhan (2)

 (sambungan) Menjaga keseimbangan di atas sepatu roda bisa jadi sudah sulit. Tapi bagaimana dengan menjaga keseimbangan atas satu orang yang...